Rabu, 26 Oktober 2016

Detox? Apa itu? Penting?



Kalau kalian pernah membuka media sosial dan mendapati ada yg promo produk kesehatan (atau yg sedang berbagi info berguna seperti ini), kalian pasti dengar istilah “detoksifikasi” ….atau sering disingkat jadi “detox”.

Tau apa itu detox?

Detox tuh reaksi tubuh gak sehat ketika menerima asupan (makanan/minuman) sehat. Reaksi itu adalah hasil dari rangkaian kerja: dari menangkap basah, memborgol, menggelandang hingga mendeportasi sampah dari dalam tubuh kita. Simpel, kan?
Reaksi tubuh gak sehat. Kalau tubuh sehat ya nggak ada detox.

Tubuh yg sehat tu yg gimana? Yaitu tubuh yg nggak menyimpan sampah. Ini bukan sampah yg kita setor ke septic tank tiap pagi, tapi sampah yg mudah tertinggal di dinding usus, pembuluh darah, dan juga di dalam sel-sel tubuh kita sehingga mereka berubah sifat alias nggak normal nggak optimal.

Kenapa bisa ada sampah begituan di usus dan pembuluh darah kita? Karena kita makan, minum dan bernapas. Makanan, minuman dan udara adalah pembawa sampah-sampah itu, dan kita seringkali terlalu sibuk untuk menyaringnya.

Oke, kembali ke detox.

Bagaimana kita tau tubuh kita mengalami detox atau enggak?

Kalau kita makan/minum barang bagus lalu kita merasa ada yg gak beres, itulah detox. Yup, detox bisa berupa pusing, mual, buang air, pegal-pegal, keringat ekstra bau, dll. Tergantung berapa banyak dan di titik mana sampah itu kongkow di dalam tubuhmu.

Mm … selalu ada detox, ya? Memangnya detox tu penting banget gitu?

Well, kalau mau simpan sampah ya silakan aja. Paling-paling risikonya kan penyakitan, hari-hari gak nyaman bodi, atau mentok-mentoknya mati sengsara. Dijamin, seburuk apapun penyakit, semua akan tak terasa lagi setelah pemiliknya mati. 

Kalau mau tubuh jadi bersih dan sehat ya harus keluarkan sampah-sampah itu.
Detox tuh prosesnya lama, nggak? Ya, tergantung seberapa banyak sampah yg ada, seberapa banyak “pekerja” detox-nya, dan seberapa jossnya “pekerja” detox itu melakukan tugasnya.

Kabar gembiranya, ada banyak ragam cara detox. Tinggal pilih yg nyaman aja. Bisa dgn makan buah dan minum jus buah selama 5 hari dilanjutkan dengan minum air putih seharian penuh—tanpa konsumsi apapun selainnya.

Bisa juga dgn gurah. Tau gurah? Coba tanya google. Intinya, gurah tu memasukkan sesuatu ke dalam tubuh, dan sesuatu itu akan bekerja menguras sampah dari dalam tubuhmu. Ada jenis gurah yg mengharuskan pasiennya harus rela berpasrah diri tengkurap selama beberapa jam untuk membiarkan sampah-sampah mengalir keluar melalui hidung. Kalau kamu jenis orang yg gak sabar membiarkan ada ingus mengintip dari lubang hidungmu, mungkin kamu kurang sabar jg dgn detox yg satu ini.

Atau, mau detox yg sederhana, menyenangkan dan hasilnya memuaskan? Hah, selalu berharap ada paket sempurna, ya?

Well, paket itu memang ada. Dan gampang dijalani. Cukup dgn minum milagros, sehari 3 botol. Berapa hari? Tergantung seberapa banyak sampah yg kamu punya dan mau keluarkan. Kalau masih sayang sampahmu, ya usahakan jangan sampai dikuras habis oleh milagros. Hehe ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

di sini boleh komen