Minggu, 08 Maret 2015

Di Mana Paringin?


Kota kecil tempat tinggalku bernama Paringin. Walau kecil, statusnya ibukota Kabupaten Balangan. Lokasinya di Pulau Kalimantan, plat kendaraan bermotornya DA …. Y.

Beberapa kali saya menjumpai kasus, ada teman sekantor atau yang sesama bekerja sehari-hari di Paringin merasa minder dengan teman-teman dari daerah lain. Apalagi, kalau daerah lain itu beda pulau.

Luar pulau? Ah, seorang teman di Palangkaraya pun pernah menanyakan kepadaku di mana itu Paringin yang ku-klaim sebagai kota domisili, karena dia merasa nggak familiar dengan nama itu di daratan Kalimantan yang luas ini.

Keminderan teman-teman itu karena Paringin dan Balangan tidak dikenal. Bahkan, gugelmap pun belum tentu memberi hasil memuaskan bila disuruh mencarikan.

Tapi aku tak perlu merasa minder. Kepada teman yang di Palangkaraya—dan kemudian kepada teman-teman lain yang menanyakan letak Paringin dan Balangan di Kalimantan Selatan—aku menjawab, “Cari saja di gugelmap atau wikimap. Temukan Banjarmasin dulu sebagai startnya, trus tarik ke arah Utara mengikuti jalan raya. Kalo sudah ketemu area yang blank, nah … di situlah Paringin dan Kabupaten Balangan.”
Mudah kan, mencarinya?

Mungkin ini semacam memanfaatkan kekurangan untuk menemukan jawaban. *Halah! Sok bijak, padahal ngeles!

2 komentar:

  1. you find the blank area, you find the town. interesting way in finding! haha ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. well, it's unfortunately effective.. sometimes .. hehe
      *thanks for visiting. More thanks for reading. And much more for leaving me something to read. ^_^

      Hapus

di sini boleh komen